Sabtu, 23 Agustus 2008

"buah persik yang kau tanam akan tetap tumbuh menjadi pohon persik.bukan pohon apel, atau pun pohon lain. meski kau menginginkannya,"ujar guru oogway pada shifu (Kung Fu Panda the movie).
mungkin demikianlah yang disebut takdir. meski pun saya juga buta masalah takdir. film kung fu panda membuat kita belajar bahwa tersugesti oleh sebuah ramalan terkadang ada baiknya. dari film itu saya sempat berpikir, apaka memang takdir Po menjadi pendekar naga ataukah keyakinan dirinya akibat ramalan Oogway yang menjadikannya pendekar naga. tentu saja, saya lebih condong pada kemungkinan kedua. sebab, jika Shifu dan Po sendiri tak yakin bahwa dirinya bisa menjadi pendekar naga, maka ramalan itu hanya akan menjadi kebohongan belaka.
demikianlah cara pikir manusia. seringkali tindakan-tindakannya diliputi sugesti yang bisa membuat dirinya jauh melampaui yang pernah ia bayangkan.
dengan sugesti, tak ada yang tak mungkin. so, tak ada salahnya menyugestikan pikiran bahwa kita hendak menjadi legenda sepanjang masa. sebab, siapa tau justru sugesti itulah yang membuat kita menjadi demikian..

Tidak ada komentar: